Tutorial Super Pro 4.55


Software Super Pro dapat bermanfaat untuk mendesain serta mengevaluasi sebuah proses industry. Umumnya super Pro digunakan pada bidang biochemical, farmasi, chemical, konsultan lingkungan atau dapat juga pada industry makanan.

Langkah awal memulai simulasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Kllik ikon Super Pro 4,55 untuk memulainya
  2. Pilihlah mode operasinya, anda dapat memilih batch atau continu. Peerbedaan keduanya dapat dilihat pada tabel Plant Operation Mode. Selain itu anda harus mengisi Annual Operating time, yaitu waktu operasi alat dalam satu tahun. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:

  1. Setelah memilih akan terlihat workspace atau lembar kerja untuk memulai simulasi.
  2. Pilih komponen – komponen yang akan terlibat pada simulasi. Klik pada Task, kemudian Register Component and Mixture. Anda dapat memilh komponen atau mixture yang terlibat.  Untuk memilih salah satu komponen anda dapat mencarinya pada tabel yang tersedia, kemudian klik register. Sebagai contoh, yang terlihat pada gambar di bawah ini, adalah acetic acid.

  1. Apabila komponen tersebut tidak terdapat pada Data bank maka anda dapat membuat baru yaitu dengan menekan tabel new. Kemudian memasukkan data-data komponen pada tabel properties.
  2. Setelah semua komponen yang akan terlibat di input, anda dapat memilih alat yang diperlukan. Selanjutnya anda dapat memulai merangkai alat serta arus in dan out. Langkahnya adalah sebagai berikut:
    1. Klik Unit Prosedur
    2. Pilihlah alat yang diperlukan, kemudian klik sembarang pada work space.
    3. Setelah alat muncul, anda bisa mengklik connect mode, atau ikon . Pada connect mode anda dapat membuat arus in (S-101) dan out(S-102). Pada Arus in (S-101) anda harus memasukkan komponen yang terkandung pada arus ini. Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

  1. Hal selanjutnya adalah mengklik dua kali atau klik kanan pada alat tersebut (misalkan: reactor), kemudian memilih add or remove operation. Option ini harus sesuai dengan fungsi dari alat tersebut.
  2. Klik kanan pada alat tersebut dan pilih operation data. Option ini merupakan langkah yang dibutuhkan untuk menginput data – data yang dibutuhkan oleh alat tersebut. Perlu diperhatikan bahwa, dari data-data yang anda input maka super Pro akan menghitung arus output. Untuk mengetahui permodelan pada masing-masing alat anda dapat menekan help.
  3. Langkah terakhir setelah semua operasi data diisikan adalah klik ikon solve, yang bergambar .
  4. Pada simulasi yang kompleks dimana diperlukan recycle maka harus dipastikan bahwa setiap alat dapat disolve satu persatu. Setelah itu arus dapat di-recycle.
  5. Untuk mengetahui mass balance anda dapat mengklik kanan pada alat, kemudian pilih equipment content. Sedangkan untuk mengetahui mass balance tiap arus anda dapat melihat pada stream report yang terletak pada menu view.

Beberapa catatan penting:

  1. Selalu save dan namai file anda setiap kali memberikan perubahan pada simulasi dengan menggunakan Super Pro 4,55. Terkadang program ini akan error apabila proses running terlalu lama atau proses sulit konvergen.
  2. Untuk simulasi dengan recycle yang kompleks, apabila proses tidak bisa konvergen maka cara untuk menyelesaikannya yaitu dengan menaikkan nilai toleransi serta menaikkan iterasi. Untuk mengubah nilai toleransi anda dapat mengklik pada workspace kosong kemudian klik kanan lalu pilihlah convergence parameter.
  3. Workspace pada Super Pro 4,55 memiliki keterbatasan yaitu alat yang dapat dipakai pada simulasi ini hanya 25 alat, Sehingga untuk simulasi yang sangat kompleks dibutuhkan beberapa workspace.

One thought on “Tutorial Super Pro 4.55

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s