Pra Desain Pabrik Bioethanol dari Corn Stover


INTISARI


            Bioetanol dapat digunakan sebagai bahan baku industri turunan alkohol, bahan dasar industri farmasi, campuran bahan bakar untuk kendaraan dan lain-lain. Bioetanol yang dimanfaatkan sebagai campuran bahan bakar untuk kendaraan harus betul-betul kering dan anhydrous supaya tidak korosif, sehingga etanol/bioetanol harus mempunyai grade sebesar 99,5-100%-vol. Produksi jagung di Jawa Timur berkisar antara 10 juta ton pertahun. Dengan jumlah yang cukup besar tersebut, corn stover, yang merupakan limbah sisa saat jagung dipanen, dapat menjadi salah satu alternatif bahan baku bioetanol yang cukup bagus di Indonesia.

Bioetanol dapat diperoleh melalui proses fermentasi yang melibatkan mikroorganisme. Mikroorganisme yang digunakan adalah Trichordema Reesei yang menghasilkan enzim selulase yang dapat memecah selulosa. Digunakan juga Zymomonas Mobilis yang dapat mengkorversi glukosa menjadi bioetanol. Sebelum proses fermentasi, umpan berupa corn stover dimasukkan ke dalam tangki hidrolisis untuk memecah lignin. Setelah proses hidrolisis, dilakukan proses pengurangan kadar asam sebelum masuk ke dalam proses fermentasi. Setelah kurun waktu tertentu dan proses fermentasi selesai, dilanjutkan dengan proses distilasi yang kemudian menuju proses adsorbsi menggunakan molecular sieve sehingga diperoleh bioetanol dengan kadar 99,5%.

Proses pembuatan bioetanol ini berlangsung selama 24 jam/hari, selama 330 hari/tahun dengan perencanaan sebagai berikut:

  • Kapasitas produksi                  : 95.000 kL/tahun
  • Bahan baku corn stover          : 477.992 ton/tahun

Pabrik bioetanol ini akan didirikan pada tahun 2014 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Karena berdekatan dengan bahan baku, dan adanya kemudahan dalam memenuhi kebutuhan air. Dari segi analisa ekonomi diperoleh hasil-hasil sebagai berikut :

  • Modal Tetap (FCI)                  : Rp. 744.527.418.428,00
  • Modal Kerja (WCI)                : Rp. 131.387.191.487,00
  • Total Investasi (TCI)               : Rp. 875.914.609.916,00
  • Internal Rate of Return           : 35,95 %
  • Pay Out Time                          : 3,19 tahun
  • BEP                                         : 31,29 %

Dari uraian di atas, secara teknis dan ekonomis, pabrik ini layak untuk didirikan.

2 thoughts on “Pra Desain Pabrik Bioethanol dari Corn Stover

  1. Selamat pagi.
    Assalamualaikum. Salam kenal, saya Sekar Puri dari Teknologi Bioproses UI. Saat ini, saya sedang menyusun sebuah plant design mengenai pabrik bioetanol generasi 2, berkaitan dengan mata kuliah Perancangan Pabrik yang saya ambil.
    Kebetulan, feedstock dan jenis mikroba yg rencananya akan saya gunakan dalam plant design ini adalah corn stover dan Zymomonas mobilis, sama seperti pada pra-desain pabrik yg anda buat di atas ini.
    Untuk itu, akan sangat bermanfaat sekali bagi saya (dan insyaAllah juga bagi anda, penulis tulisan pra-desain pabrik bioetanol diatas ini ^_^) bila saya dapat berdiskusi dan bertukar informasi dengan penulis.
    Berikut adalah alamat email saya: sekar.puri@hotmail.com
    Sangat saya harapkan respon dari penulis. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s