Pra Desain Pabrik Tepung Pati Sukun (Artocarpus altilis)


INTISARI

Tepung merupakan bahan makanan komoditi utama dimana konsumsinya semakin meningkat setiap tahun. Peningkatan jumlah ini mempengaruhi jumlah import gandum yang masuk ke Indonesia. Padahal Indonesia memilik potensi lokal yaitu sukun yang bisa menggantikan potensi import gandum yang selalu meningkat ini. Sukun mempunyai komposisi pati yang dapat diambil kemudian dijadikan sebagai bahan alternatif pembuatan tepung. Namun  penggunaanya masih sebatas konsumsi langsung ataupun jika diolah menjadi tepung masih dalam skala industri rumahan. Tujuan dari pra desain pabrik tepung pati sukun ini adalah untuk memenuhi kebutuhan tepung yang ada di Indonesia, baik untuk menggantikan tepung terigu ataupun untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku olahan makanan berbahan tepung sukun. Pabrik tepung ini akan didirikan di daerah kota Banjar, Jawa Barat.

Proses produksi tepung ini dengan cara memisahkan pati dari buah sukun secara pemisahan mekanis. Dalam prosesnya untuk menjaga kualias tepung agar tetap putih dilakukan proses perendaman dengan natrium metabisulfite (Na2S2O5).

Kapasitas produksi pabrik ini sebesar 12.500.000 kg /tahun dengan kebutuhan bahan baku berupa buah sukun sebanyak 52.272.000 kg/tahun. Pemodalan sebesar  Rp57.695.234.295,66    dengan rincian 60% modal sendiri dan 40% modal pinjaman. Dengan masa konstruksi 2 tahun dan umur pabrik diperkirakan 10 tahun, didapatkan laju pengembalian modal (IRR)   sebesar 43,52%, waktu pengembalian modal (POT) selama 2,742 tahun, dan titik impas (BEP) terjadi pada kapasitas 28%. Dari analisa teknis dan analisa ekonomi ini dapatkan kesimpulan bahwa pabrik layak didirikan.

2 thoughts on “Pra Desain Pabrik Tepung Pati Sukun (Artocarpus altilis)

  1. PABRIK YANG DI TULIS DIATAS BAGUS SEKALI, SANGAT MENGINSPIRASI.
    BOLEH SAYA BERDISKUSI DENGAN PENULISNYA?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s